Android itu mudah di fungsikan

Yeeeaahh…..Android lagi,android lagi…apa nggak ada yang lain sih..???..jawabannya memangnya ada nggak yang se’fenomenal os Android..???, nggak adakan..???
sesuai judul artikel di atas ini, artikel ini buat mereka yang belum mengenal Android”..kenapa mesti diperkenalkan…kenapa ya?…ayo yang punya android jawab sendiri…kalau yang belum punya hehhee silahkan baca artikel ini.
saya nulis ni artikel lantaran applikasi WhatsApp. Kok bisa sih om..??? heheh iya memang gara2x applikasi whatsapp, perlu saya jelaskan sedikit WhatsApp adalah applikasi messenger yg multi platform…layaknya BBM,YM atau sejenisnya..jadi dengan WA itu kita bisa berchating ria dengan teman2x yang memiliki gadget berbeda dengan punya kita…kalau mau tahu lebih banyak…gabung deh di WhatsApp Indonesia
nah dari WhatsApp ini banyak muncul pertanyaan umum pada saat kita chatting..”pakai Gadget Apa..???” selanjutnya di sensor..(hehehehe)
kembali ke topik semula..
saya sering ditanya sama teman atau siapa saja, katanya android itu linux.? Trus kan linux susah dipelajari om..??? nahh..gara-gara pertanyaan ini nih orang jadi pada malas mo kenal android..(mungkin juga karena cekak .heheheh)..atas dasar ini juga saya terpaksa harus nulis artikel ini.
Android itu sangatlah mudah untuk digunakan..mungkin ada yang mengatakan begini, Om bukannya Iphone lebih mudah digunakan..(buka applikasi/tutup applikasi hanya dengan 1x tekan)..yupp..itu sangatlah betul…di Android pun begitu..layaknya iPhone,android’pun memiliki tombol HOME..jadi jika applikasi yang sedang berjalan dan akan ditutup secara cepat tinggal tekan tombol HOME,tapi jangan disamakan Tombol Home ini dengan iPhone (tak jelaskan nanti)
ok mari kita mulai dari bagian-bagian penting dari Ponsel Android…!!!
 secara default Ponsel Android memiliki 4 tombol penting yaitu
1.Tombol Menu
2.Tombol Home
3.Tombol Back
4.Tombol Search
 selain dari 4 tombol diatas pastiah tombol Power ON/OFF yang terpenting..(huahhahaa, bayangkan kalau nggak ada)
 saya jabarkan dengan singkat kegunaan ke 4 tombol diatas…
  1. Tombol Menu adalah tombol dimana kita bisa membuka dan mengakses Menu dari Applikasi yang kita jalankan…kenapa bisa…yaa iyaaalaaahhh….mana ada applikasi tidak ada menu’nya???
  2. Tombol Home berguna untuk mengembalikan System Android ke Home Screen..Seperti iPhone dimana saat kita sedang membuka salah satu applikasi hanya dengan menekan tombol Home secara otomatis System akan kembali ke Home Screen, tapi di Android tombol Home juga dipakai untuk melaksanakan tugas MULTITASKING, dimana kita bisa berpindah-pindah dari satu program ke program yang lain…asyikan..???
  3. Tombol Back….nggak usah saya jelaskan ini mahh sudah jelas banget..Sesuai dengan arti indonesia adalah kembali….(balik’in oohh balikin..hidup gw yang seperti dulu lagi…)
  4. Tombol Search atau pencarian..karena Android dibesut oleh Perusahaan Mesin Pencari terbesar di dunia si Om GOOGLE, makanya jangan pandang enteng tombol Search di Android ini….saat kamu pertama kali menekan tombol Search..maka Android akan bertanya kira2x begini…”haloo ..lo mau cari berdasarkan apa WEB,APPS,CONTACTS atau ALL..” nah saya sih sarankan pilih All saja…bagi yang suka menggunakan mesin pencari di internet..loe bisa rasakan dasyahtnya tombol Search ini…
nah ayo sekarang kita masuk ke bagian operasional…Sebagian besar saat kamu memiliki ponsel Android, kamu akan bermain di seputaran ini…
HOME SCREEN :
Home Screen ini layaknya Desktop Windows pada PC/Notebook pada umumnya..dimana HomeScreen dapat di isi dengan berbagai macam applikasi mulai dari Widget hingga Shortcut Applikasi yang sdh terinstall, HomeScreen ini juga bisa dimodifikasi dengan sesuka hati kamu, mau dijadikan 5 Screen atau lebih,bisa ditambahkan Animasi sehingga jikat HomeScreen digerakan ke kiri atau kekanan akan ada efek melayang,flip,cube dsbnya…
diatas tadi sudah saya singgung multitasking, dengan menekan dan dengan ditahan sdikit tombol HOME,maka akan muncul recent applikasi yang sedang atau sudah/baru dijalankan..sehigga dapat dengan mudah kita berpindah dari 1 applikasi ke applikasi yang lainnya…(ehem..tetangga kita niru tuuhhh…???)
gambar dibawah ini merupakan screenshoot homescreen yang saya miliki dimana screen yang berfungsi ada 6 screen, dan launcher yang saya gunakan adalah launcherpro plus…dimarket android sangatlah banyak launcher/themes untuk mempercantik HomeScreen Ponsel kita…tinggal pilih yang mana sesuai dengan keinginan pacara kamu..(????)
di Home Screen juga terdapat DOCK LAUNCHER yang defaultnya berisi icon Shortcut untuk mengakses PHONE,MESAGE,PHONEBOOK dan DRAWER..lihat gambar diatas letak DOCK LAUNCHER selalu ada dibawah HOMESCREEN
NOTIFICATION BAR :
Notification Bar , bisa dibilang Taksbarnya …cuman uniknya Notification Bar di Android bisa digeser turun kebawah dan sebaliknya…bertujuan agar semua pesan pemberitahuan dapat dilihat dengan jelas pada saat kita menggeser turun kebawah….kalau kegunaannya sih saya rasa semua pasti tahu, hampir semua OS Ponsel memiliki hal ini tapi tidak sama seperti yang dimiliki di Android..saya sudah pernah memakai semua OS smartphone tapi tidak ada yang seperti NOTIFICATION BAR di Android…..
DRAWER :
Drawer atau Laci…nah ini bagian dimana kamu bisa menemukan seluruh Applikasi yang sudah terinstall, Drawer diandroid ini dapat juga di modifikasi sehingga pada saat kita membuka Drawer dari Dock Laucher tampilannya dapat digeser keatas-bawah atau dari kiri ke kanan…terserah yang mana kamu suka.
apalagi yahh….nahh untuk Android sendiri sampai dengan saat ini sering juga saya mendapat pertanyaan apa-apa saja applikasi di android….wuiiiiihhh..!!! gw hanya bisa bilang..200 ribu applikasi dari Market Android sangatlah banyak sekali, mulai dari applikasi yang paling tidak berguna hingga applikasi yang paling berguna untuk kita semua…
mau nulis word,excel,powerpoint…….ada kok..,multimedia …..wuiiih buanyak skaliiii..!!!, Games…dari yang 2d hingga 3d.., Social Networking…..eehheeeemmmm….apa yang nggak ada di gadget kamu..???…..pokoknya bejibun deh applikasi dari Market Android…..
Ok dehh…sekian dari saya, semoga Artikel ini bisa jadi referensi untuk kamu2x yang belum mengenal android..setidaknya kamu dapat berpikir ternyata sangatlah Mudah mengoperasikan /menggunakan Ponsel berbasis Android…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s