HTC dan Samsung Berencana Tinggalkan Android ?

Pembelian Motorola oleh Google dan penghentian pengembangan hardware WebOS oleh HP sepertinya akan membuat perubahan di jagat smartphone dalam jangka pendek – menengah.
Vendor-vendor Android besar meskipun tidak secara langsung menyayangkan pembelian Motorola oleh Google, tetapi gelagat khawatir sudah mulai terlihat. Samsung belum lama ini merilis OS Bada 2.0 dan dirumorkan berminat meninggalkan Windows Phone dan ingin bekerja sama dengan Intel untuk mengembangkan MeeGo. Pemerintah Korea Selatan sebelumnya bahkan sudah menyarankan Samsung dan LG untuk mengembangkan OS mobile sendiri dan tidak lagi bergantung pada Android. Asia bergolak, selain Samsung dan LG, HTC di rumorkan berminat untuk membeli dan mengembangkan WebOS sebagai salah satu strategi perusahaan untuk mengembangkan platform mobile nya sendiri.
Tentu saja salah satu penyebab nya adalah mereka khawatir kalau Google akan menganak emaskan Motorola, misal nya membuat ponsel Nexus, mendapat update tercepat, dan lainnya. Sangat jelas alasan pabrikan ponsel besar untuk mulai membuat rencana B jika satu hari nanti hasil kerja Motorola – Google sudah terlihat.

Samsung merilis OS Bada di tahun 2010 lalu sebagai sebuah sistem operasi open source dan untuk tahun ini secara hardware seri Wave sudah menggunakan segala kebaikan dari hardware bikinan Samsung seperti layar Super Amoled. HTC beberapa waktu lalu membeli 51% saham Beats untuk meningkatkan pengalaman multimedia pada ponsel mereka sekaligus juga sebagai pembeda dengan ratusan ponsel Android lain di pasaran.
Untungnya bagi HTC adalah mereka memiliki HTC Sense, tampilan antar muka khas HTC yang sangat populer sehingga mereka bisa menggunakan atau mengembangkan OS sendiri untuk kemudian dipasangi UI tersebut. Setidaknya itulah maksud yang secara tersirat ingin dikatakan oleh Cher Wang, Chairman HTC pada saat berbicara dengan pers Cina minggu ini mengenai kemungkinan perusahaannya mengakuisisi WebOS. Carolina Milanesi, research vice president Gartner, kepada PCWorld bulan lalu mengatakan kalau vendor besar tersebut sudah menginvestasikan banyak uang untuk Android, jadi mungkin akan butuh waktu bagi mereka untuk meninggalkan platform Android.
Saat ini setidaknya sudah ada 5 OS smartphone populer yakni iOS, Android, Symbian, Blackberry, dan Windows Phone. Apakah masih ada tempat untuk OS baru ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s