Windows Phone Mendatang Dengan Fitur Baru Bagi Para Developer

Bertepatan dengan penyelenggaraan konferensi MIX11 di Las Vegas yang baru bergulir beberapa hari yang lalu, ada indikasi kalau Microsoft akan segera menghadirkan cita rasa baru dari platform Windows Phone besutannya yang rencananya baru akan bergulir pada musim gugur tahun ini. Produk dengan codename Mango ini, kabarnya juga akan mengusung berbagai fitur baru yang disediakan khusus bagi para pengembang aplikasi.
Pada Windows Phone versi berikutnya juga akan mengusung akselerasi hardware IE9 dengan HTML5, multitasking, integrasi Twitter dalam hub People, dan banyak lagi. Selain itu, juga akan menawarkan akses ke sumber daya baru bagi app builder yang mendukung platform.
Sementara itu, Joe Belfiore yang bertindak sebagai Microsoft’s Corporate Vice President of Mobile juga turut mengumumkan beberapa fitur tersebut, dan menyediakan peluang baru bagi para pengembang perangkat lunak yang ingin bergabung. Dan khusus bagi para pengembang yang telah lama menunggu, kabarnya juga akan tersedia satu set Windows Phone Developer Tools terbaru yang bisa di-download kapan saja mulai bulan depan.
Kemampuan baru yang akan dipersembahkan bagi para pengembang dengan tool terbarunya, yaitu mencakup:
– Live Agent, yang mampu menciptakan keterlibatan pelanggan yang unggul dengan interaksi real-time melalui Live Tiles, Push Notification, Deep Linking dan Background Agents. Multitasking juga lebih ditingkatkan untuk memungkinkan aplikasi switching, background audio dan transfer file yang jauh lebih cepat.
– Phone Integration yang telah lebih ditingkatkan untuk para pengembang yang ingin berbuat lebih banyak dengan aplikasi mereka. Fungsionalitas Live Tile telah diperluas untuk memberikan kepada para pengembang lebih banyak kefleksibilitasan dan keterlibatan bersama para konsumennya secara lebih baik.
– Para Developer akan memiliki akses ke pustaka Motion Sensor dan kamera, yang memungkinkan bertambahnya pengalaman secara nyata. Integrasi ini lebih meluas ke dalam sistem operasi melalui soket-soket dan akses database yang kini telah menyediakan berbagai aplikasi dan game.
Windows Phone Developer Tool terbaru yang tersedia dan siap di-download mulai bulan Mei mendatang ini, kabarnya juga akan dilengkapi dengan profiler dan emulator terbaru untuk pengujian, dengan disertai dukungan Silverlight dan XNA dalam proyek yang sama, akses ke database SQL, serta akses kalender dan kontak melalui aplikasi.
Microsoft juga mencatat bahwasanya aliansi yang baru terbentuk dengan Nokia diharapkan dapat membantu ekosistem  Windows Phone yang luas. “Sekarang kami (Microsoft) sangat bersemangat dengan aliansi kami bersama Nokia yang sungguh berarti bagi para pengembang kami dan potensi jangka panjang ekosistem kita bersama”, begitulah dengan apa yang telah dikutip dari postingan terbaru di blog resmi Windows Phone Developer.
beritateknologi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s